Trik Agar Balita Rutin Sikat Gigi

Punya anak usia batita atau di bawah tiga tahun, misalnya satu tahun bisa jadi masa penuh perjuangan buat para orang tua. Salah satunya urusan menggosok gigi anak. Terkadang tiba waktunya gosok gigi, si kecil kabur-kaburan, menutup rapat mulutnya, nangis, bahkan berontak.

Namun, apakah itu salah mereka? Belum tentu. Bagi mereka, memasukkan benda berbulu ke mulut bukanlah hal yang menyenangkan.

Nah, agar anak rutin menyikat gigi, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan, seperti dikutip dari Times of India.

1. Pasta gigi dengan rasa

Pasta gigi anak tersedia dalam berbagai warna dan rasa. Cukup periksa apakah ini bebas fluoride sehingga meskipun mereka menelannya secara tidak sengaja, sehingga Anda tidak perlu khawatir.

2. Tambahkan musik

Dengan memutar lagu merupakan cara yang efektif untuk membuat anak agar mau menggosok gigi lebih lama. Apalagi ditambah menari mengikuti irama lagu.

3. Beri penghargaan

Ketika anak-anak diberi penghargaan untuk sesuatu, mereka akan melakukannya lebih sering. Penghargaan akan meningkatkan kepercayaan dirinya. Memuji seorang anak atas usaha mereka adalah cara terbaik untuk menyemangati mereka.

4. Memberi contoh

Anak-anak suka meniru orang tua mereka. Jika Anda rutin menyikat gigi di depan anak, otomatis mereka akan terdorong untuk melakukannya.

(my/gk)

Baca juga :