Ingin Tahu Manfaat Minyak Jojoba, Untuk Kecantikan?

Minyak jojoba diakui memiliki banyak manfaat untuk kecantikan. Saat ini, minyak jojoba menjadi bagian penting dalam rangkaian perawatan para wanita, baik untuk wajah, tubuh, maupun rambut. Tanaman ini biasanya tumbuh secara alami didaerah gurun, seperti Pesisir Barat Amerika dan Meksiko.

Minyak jojoba memiliki kandungan utama yang sama dengan komponen penyusun sebum kulit, wax ester. Oleh karena itu, minyak jojoba mempunyai kemampuan melembapkan yang tinggi. Saat dioleskan ke kulit, minyak ini dapat menjadikan kulit lebih lembut dan kenyal tanpa memberi kesan lengket.

Jika kamu ingin melakukan perawatan dengan minyak jojoba, sebaiknya coba oleskan ke kulit tangan terlebih dulu, untuk melihat apakah ada reaksi alergi yang terjadi atau tidak. Sebab, banyak manfaat minyak jojoba untuk kecantikan. Apa saja?

1. Melembapkan Kulit

Hal ini bisa didapatkan karena minyak jojoba kaya akan komponen seramid, yang baik untuk menghidrasi kulit. Selain mudah menyerap, penggunaan minyak jojoba juga tidak meninggalkan sisa minyak yang lengket. Sehingga bisa menjadi penghalang terhadap alergen dan polusi debu.

Kamu dapat meneteskan minyak jojoba pada tangan dan usapkan pada wajah saat pagi dan malam hari sebelum tidur untuk hasil yang sempurna.

2. Mengatasi Jerawat

Minyak jojoba sangat cocok digunakan untuk kamu yang memiliki kulit berminyak dan mudah berjerawat. Sebab, minyak jojoba termasuk non-komedogenik, yang berarti tidak menyumbat pori-pori kulit.

3. Menghapus Riasan

Jika kamu alergi saat menggunakan produk makeup remover karena bahan kimianya, minyak jojoba bisa menjadi solusinya. Minyak jojoba lebih alami dan terbukti efektif untuk menghilangkan kotoran, riasan, dan bakteri pada wajah. Bahkan, minyak jojoba aman untuk membersihkan riasan pada mata, dan tergolong hipoalergenik.

4. Menyamarkan Kerutan

Hal ini karena vitamin E yang berlimpah di dalam minyak jojoba. Zat ini berguna untuk menyamarkan garis-garis halus, kerutan, dan secara alami memperlambat tanda-tanda penuaan lainnya.

Sebuah penelitian menyebut bahwa setetes hingga tiga tetes minyak jojoba dapat membantu mengenyahkan kerutan pada wajah. Cara menggunakannya cukup mudah, usapkan pada area yang berkerut secara perlahan dengan gerakan melingkar hingga menyerap sepenuhnya.

5. Mencegah Stretch Marks saat Hamil

Tidak hanya menyamarkan kerutan, minyak jojoba juga dapat digunakan bagi ibu hamil, khususnya untuk mengurangi dan mencegah stretch marks.

6. Merangsang Pertumbuhan Rambut

Tahukan kamu, menggunakan minyak jojoba dapat mengatasi kebotakan?. Jojoba sering kali dimasukkan ke dalam produk sampo dan kondisioner karena diklaim mampu melembapkan rambut dan kulit kepala dengan baik. Karena minyak ini dapat mengatasi masalah ketombe dan membuat tampilan rambut menjadi lebih berkilau dan halus.

7. Menyembuhkan Luka

Manfaat minyak jojoba juga diklaim bermanfaat untuk menyembuhkan luka. Sebuah studi menunjukkan mengoleskan minyak jojoba pada luka dapat mempercepat proses penyembuhan. Jojoba dianggap mampu merangsang pertumbuhan kolagen. Meski begitu, sebaiknya konsultasikan dengan dokter terlebih dahulu jika ingin menerapkan manfaat minyak jojoba untuk menyembuhkan luka. (my/gk)

Baca juga :